browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Tentang ISO 9001

Posted by on September 25, 2014

ISO 9001 merupakan salah satu standard penerapan Total Quality Management (TQM) yang paling banyak digunakan di dunia.  Dalam ISO 9001 terdapat persyaratan yang harus dipenuhi oleh organisasi untuk memperoleh sertifikasi.  Tujuan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 adalah untuk membantu organisasi mencapai tujuannya, melalui budaya mutu di organisasi.  Dengan demikian, organisasi menjadi lebih tertata, lebih efektif dan efisien dalam menjalankan fungsi-fungsi organisasinya.

ca26afe27d6d807cf820f75bd3627c91

Beberapa salah paham mengenai sertifikasi ISO 9001, dan koreksinya

1. ISO= singkatan international satandardization organization
>> yang benar : ISO bukan singkatan. ISO sendiri adalah organisasi standardisasi internasional (International Organization for Standardization), yang bermarkas di Genewa, Swiss. Merupakan organisasi yang bersifat independen dengan anggota yang berasal dari lebih 100 negara di dunia.

2. Sertifikasi ISO 9001 diberikan oleh organisasi ISO
>> yang benar : sertifikasi ISO 9001 diberikan oleh lembaga sertifikasi yang independen. Organisasi ISO hanya mengeluarkan standar saja, tidak melakukan sertifikasi.  Lembaga sertifikasi yang berhak mengeluarkan sertifikat ISO 9001 adalah lembaga yang telah terakreditasi.

3. Jika perusahaan tersertifikasi ISO 9001, maka produknya pasti baik
>> yang benar : perusahaan tersertifikasi ISO 9001 tidak ada hubungannya dengan tingkat kualitas produk. Yang disertifikasi adalah Sistem Manajemen Mutu yang diterapkan di perusahaan tersebut sudah sesuai dengan persyaratan SMM ISO 9001.  Artinya, perusahaan menerapkan SMM untuk menjamin mutu produk yang dihasilkan adalah sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri.

Pertanyaan lebih lanjut, silahkan didiskusikan disini, dapat melalui kolom komentar yang tersedia.

Referensi

Hoyle, David. 2009. ISO 9000 Quality Systems Handbook.

 Cianfrani, Charles A., John E. West, and Joseph J. Tsiakals. 2009. ISO 9001:2008 Explained, Third Edition

Tricker, Ray. 2009. ISO 9001:2008 for Small Businesses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>